Senin, 18 Januari 2010

PENCEGAHAN PENYAKIT PADA SAPI

Upaya pencegahan penyakit bisa dilakukan dengan berbagai cara.
A.Pemanfaatan Kandang Karantina
Sapi-sapi bakalan yang akan digemukkan atau yang baru dibeli di pasar hewan, perlu dimasukkan ke dalam kandang karantinayang letaknya terpisah dari kandang penggemukan. Tujuannya untuk memonitor adanya suatu kelainan yang tidak tampak hanya dengan melihat penampilan fisiknya di pasar hewan. Dalam perawatan dan pengamatan di kandang karantina, perlu pula dilakukan pemberian obat cacing kepada setiap sapi bakalan. Selain diperuntukan bagi sapi-sapi bakalan yang baru tiba dari pasar hewan, kandang karantina digunakan untuk memisahkan sapi-sapi yang menderita penyakit dari sapi-sapi yang sehat.
B.Menjaga Kebersihan Sapi Bakalan Beserta Kandangnya
Secara umum, bakteri, virus, dan penyebab penyakit lainnya menyukai tempat-tempat kotor. Untuk mencegah berkembangnya bibit-bibit penyakit, menjaga atau memelihara kebersihan perlu dilakukan secara rutin.
C.Vaksinasi Berkala
Beberapa penyakit yang disebabkan bakteri dan virus kini sudah bisa dicegah dengan memberikan vaksin sesuai dengan dosis pemakaiannya. Pemberian vaksin biasanya dilakukan pada saat sapi-sapi bakalan berada di kandang karantina.Pemberian vaksin cukup dilakukan 1 kali untuk setiap sapi bakalan karena sapi-sapi tersebut hanya dipelihara dalam waktu yang singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar